Jumat, 19 September 2014

Lagi, Beras Untuk Rakyat Miskin di Lebak Kusam dan Berdebu

Kamis, 18 September 2014

Lebak,FESBUK BANTEN News(18/9/2014) - Beras subsidi pemerintah untuk dikonsumsi masyarakat miskin(raskin) yang didistribusikan Bulog Subdivre Lebak di Kecamatan Cihara kembalimenuai masalah. Seorang warga Desa Ciparahu, Ade Sujana, sangat marah ketikaada warganya menerima beras kusam dan berdebu.

"Kusam,banyak dedaknya, dan ada kutunya. Meskipun masih bisa dikonsumsi, itu pembagianyang sangat tidak manusiawi," ujar mantan kepala desa ini saat dikonfimasimelalui komunikasi telepon seluler,Rabu (17/9/2014) kemarin.

MenurutAde, raskin dengan kualitas rendah itu dikirim berturut-turut dalam lima kalidistribusi. Warga penerima manfaat raskin sebenarnya protes dengan kualitasraskin yang dibeli mereka, "Tapi sepertinya keluhan warga tidak diresponsoleh pihak-pihak yang bertanggung jawab dalam alur distribusi," ujarnya.

SubdivreLebak memang "jagoan" dalam menyalurkan beras berkualitas rendah,kalau tidak kusam ya berdebu. Kadang lengkap dengan bonus menir dan kutu.Aktivis Kumala Lukman Hakim pernah mengkritik perihal raskin kualitas rendahini. Temuan aktivis LSM, juga menemukan raskin kualitas rendah yang sebenarnyatidak layak untuk didistribusikan.

NamunBulog berikukuh raskin kualitas rendah itu adalah kesalahan mitra penyediaberas, padahal raskin tersebut diangkut dari gudang-gudang Bulog. Bukannyamemohon maaf secara terbuka, Kasubdivre Lebak Herman Sadik malah membuatpencitraan dengan menyebut raskin kualitas rendah yang terdistribusi hanyabeberapa karung saja dalam setiap pengiriman. Padahal raskin kualitas rendahitu ditemukan bukan saja di wilayah Lebak selatan, tetapi juga di penerima yangberada di sejumlah desa yang dekat dengan kantor Subdivre Lebak.

"Tidakakan pernah ada raskin kualitas rendah jika pejabat Bulog, pemda, dan penyediaberas memeriksa kualitas raskin secara bersama-sama sebelum raskin itudidistribusikan ke penerima manfaat. Masalahnya adalah Bulog dan Pemdaberkinerja rendah sehingga tidak komitmen dengan tugas dan kewajibannya.Akibatnya, ada celah pelanggaran yang kemudian dimanfaatkan pihak yang tidakbertanggung jawab, bisa saja oleh mitra kerja, akibat lemahnya kontrol,"ujar aktivis LSM Rotasi Zen Zaenudin.

AdeSujana mengancam akan membawa raskin kualitas rendah yang diterima masyarakatke kantor Bulog pusat dan ke komisi terkait di DPR RI dan DPRD jika padadistribusi selanjutnya masyarakat miskin masih dikirimi beras kusam,berdebu,  dan berkutu.

"Kamimerasa tidak dimanusiakan. Meskipun secara pribadi saya bukan penerimamanfaat,  penerima raskin itu adalah warga dan kerabat saya. Saya curigaada oknum di Subdivre Lebak yang ikut bermain dengan mitra penyedia berassehingga raskin yang dikirim masih saja ada yang berkualitas buruk," paparAde. (Ahmad/LLJ)

https://www.facebook.com/notes/fesbuk-banten-news/lagi-beras-untuk-rakyat-miskin-di-lebak-kusam-dan-berdebu/10152274310281717

Tidak ada komentar:

Posting Komentar