Kamis, 14 Agustus 2014

Raskin Berkutu Dan Apek

Kamis, 14 Agustus 2014

PAYUNG SEKAKI (RIAUPOS.CO) - Kualitas beras untuk keluarga miskin atau raskin masih jauh dari yang diharapkan dan sering dikeluhkan oleh para penerimanya. Selain kualitas beras yang rendah,  beras juga banyak terdapat kutu bahkan berbau.

Hal tersebut diakui Lurah Labuh Baru Barat, Kecamatan Payung Sekaki Lukman Hakim di hadapan Wali Kota Pekanbaru H Firdaus ST MT dalam pertemuan camat dan lurah se-Kota Pekanbaru, Selasa (12/8) di Kanto Bappeda.

Ia mengaku, banyak masyarakat di lingkungannya komplain jika beras yang mereka terima tidak layak karena kualitasnya rendah. Meski masih bisa digunakan, namun banyaknya kutu dan bebau tersebut, masyarakat kesulitan mengolahnya.

‘’Banyak laporan masyarakat yang datang ke saya, jika beras yang mereka terima dari jatah raskin tersebut kualitasnya buruk. Banyak kutunya sehingga masyarakat harus membuang kutunya satu persatu. Bahkan ada yang enggan mengambil beras tersebut karena kondisi ini. Saya kurang tahu di kelurahan lainnya, tapi kami memang mengalaminya. Akibatnya, kami kesulitan menyalurkan beras tersebut,’’ jelas Lukman Hakim.

Kualitas beras yang berkutu dan apek ini sendiri tidak hanya ditemukan saat ini. Pasalnya, Januari yang lalu juga ditemukan raskin yang kulaitasnya buruk. Meski pada akhirnya Pemko membantah menemukan beras kondisi tersebut. Hanya saja, saat ini yang menyampaikan adalah pejabat di lingkungan pemko membuat kondisi tersebut menjadi jelas.

Terkait hal tersebut, Wali Kota Pekanbaru H Firdaus ST MT  meminta Kepala Bagian ekonomi Juneady  menindak lanjuti laporan tersebut. Menurut Wako, jika hal ini benar, maka Bulog harus melakukan evaluasi atas kualitas beras yang dimanfaatkan untuk membantu masyarakat miskin.

‘’Segera kroscek ke Bulog bagaimana pendistribusiannya. Atau ada masalah di tepat penyimpanan beras di lurah agar masalah ini jelas dari mana akarnya. Yang jelas pemko tidak mungkin memberikan beras kepada masyarakatnya dengan kuliatas yang tidak baik. Apalagi ini program pusat bukan hanya pemko. Ini jangan sampai terjadi lagi,’’ terang Wako.

Kabag Ekonomi Pekanbaru Junaedy hanya menyatakan akan segera melakukan evaluasi di lapangan melakukan kros cek ke Bulog.(eko)

http://m.riaupos.co/52820-berita-.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar