Jumat, 22 Agustus 2014

Kemendag Serahkan Masalah Impor Beras ke Bulog

Jumat, 22 Agustus 2014

JAKARTA - Indonesia akan memasuki musim panceklik pada September mendatang. Oleh karena itu, guna menjaga pasokan beras tetap stabil, maka pemerintah mengizinkan Bulog untuk melakukan impor beras.

Wakil Menteri Perdagangan Bayu Krisnamurti mengatakan, Bulog sudah diberi ruang untuk melakukan manajemen dan manuver, guna mengantisipasi hal tersebut. Menurutnya, langkah ini sudah dilakukan sejak Mei-Juni.

"Sejak tiga bulan yang lalu sudah diberikan dan kepada Bulog kekuasaan, kapan dia impor, darimana, dan berapa harganya. Tentu Bulog melihat pada akuntabilitas, kenapa impor segitu dan lain sebagainya, Bulog yang bertanggung jawab," ujarnya saat dijumpai di gedung kemendag, Jakarta, Jumat (22/8/2014).

Dia menjelaskan, intinya Bulog menyerahkan manajemen Bulog ini untuk mempertahankan stok beras, termasuk pengadaannya dari luar negeri. Pengalaman Bulog dalam melakukan impor, dinilai memudahkan mereka untuk mengelola stok beras.

"Itulah sebabnya Kami mengeluarkan kebijakannya, bahkan sejak sedang panen sudah berikan izin, supaya bisa dikelola sejak saat itu. Bisa kontrak Juni untuk deliever September atau Oktober," jelasnya.

Menurutnya, Kementerian Perdagangan (Kemendag) tidak mengetahui teknis impor tersebut. "Kemendag tidak ikut masuk dalam teknis, itu diserahkan sepenuhnya kepada Bulog," tutupnya. (mrt)

http://economy.okezone.com/read/2014/08/22/320/1028416/kemendag-serahkan-masalah-impor-beras-ke-bulog

Tidak ada komentar:

Posting Komentar