Senin, 11 Agustus 2014

Bulog Gantikan Raskin Rusak

Minggu, 10 Agustus 2014

DUMAIPOS.co – SETELAH delapan bulan beras miskin (Raskin) belum disalurkan kepada warga Dumai kurang mampu. Akhirnya, bulan Juli, Agustus sudah ada beberapa kelurahan menyalurkan Raskin kepada warga dengan pedoman data TPN2K.

Alhasil, sesuai informasi dihimpun Dumai Pos pada proses penyaluran ada warga yang menerima Raskin dengan kualitas buruk yakni berkutu. Hal itu dialami warga Kelurahan Bukit Datuk, Kecamatan Dumai Selatan mengeluhkan kualitas beras jatah Raskin dari Bulog berkutu.

Pihak Bulog pun menyatakan siap mengirim beras pengganti. Apabila informasi itu benar, Bulog akan mendatangi kelurahan yang diduga bermasalah dengan adanya jatah Raskin berkutu dan berdebu. Dan nantiya, lihat dulu kondisi riil dilapangan. “Kalau tingkat kerusakan raskin berat atau tidak bisa dikomsumsi maka kita akan langsung ganti,’’ tegasnya.

Sebab sudah ada komitmen Bulog soal ini, jika kelurahan ada beras yang rusak atau tidak layak konsumsi mohon segera melaporkan ke pihaknya.

“Dan kita minta masyarakat penerima raskin apabila menemukan beras berkutu agar melaporkan langsung kekelurahan. Dan nantinya pihak kelurahan kita minta melaporkannya langsung ke Bulog. Kami pasti akan menggantikan dengan yang baru,’’ ucap Kepala Bulog Sub Divisi Regional (Divre) Dumai, Tomi Despalingga, Jumat (8/8) kemaren kepada Dumai Pos.

Diapun mengatakan sebelum beras didistribusikan kepada warga, pihaknya selalu memeriksa seluruh karung beras setiap bulannya yang bakal dibagikan untuk warga Dumai.

‘’Kami selalu periksa dulu sebelum dibagikan. Kami memang tidak memungkiri kalau ada satu atau dua karung kualitasnya buruk, tetapi itu hanya kekhilafan karena cukup banyak juga yang kami periksa dan kemudian distribusikan,’’ ucapnya.

Ditambahkannya, beras yang didapat sendiri dipastikannya layak dikonsumsi. Pasalnya harus melalui uji klinis dulu sebelum diberikan kepada masyarakat. Diingatkan Tomi, dengan kejadian ini diharapkan masyarakat melaporkan langsung kekelurahan apabila aakualitas raskin tidak bagus. (d)

http://dumaipos.co/2014/08/bulog-gantikan-raskin-rusak/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar